Review http://wwwmozillacom.blogspot.com/ on alexa.com

Jelajahi isi Blog ini







Minggu, 01 Juli 2012

Tips Memilih Hotel yang Ramah pada Anak-anak


Semakin banyak pilihan hotel di destinasi-destinasi wisata Indonesia yang makin memperhatikan kebutuhan anak-anak. Ya, wisata keluarga haruslah memikirkan kebutuhan si kecil saat ia berwisata.


Tak semua hotel memberikan perhatian kepada anak-anak, apalagi kebutuhan bayi. Perlu diingat, anak-anak pun harus merasa bebas beraktivitas di lingkungan hotel tanpa merasa sedikit-sedikit ada tamu yang merasa terganggu.

Namun, bagaimana memilih hotel yang ramah terhadap anak kecil? Berikut tips sederhana cara memilih hotel yang ramah terhadap anak-anak, terutama untuk anak-anak di usia 12 tahun.

Fasilitas hotel. Saat memilih hotel, pastikan fasilitas apa saja yang dimiliki hotel tersebut. Hotel yang menganggap anak-anak sebagai tamu biasanya menyediakan beberapa fasilitas untuk anak-anak. Sebut saja mulai dari kids club atau area bermain untuk anak-anak di dalam ruangan.

Lalu biasanya, hotel juga memiliki pula playground atau area bermain untuk anak di luar ruangan. Sementara di bagian kolam renang, kolam renang untuk dewasa dan anak-anak dipisahkan. Beberapa hotel bahkan memiliki wahana-wahana air di kolam renang untuk anak seperti seluncuran air.

Ada pula hotel-hotel yang menyediakan nursing room untuk bayi. Atau, sekadar ruangan untuk mengganti popok maupun menyusui bayi. Pastikan pula, restoran hotel memiliki menu untuk anak-anak.

Teras kamar. Cek kamar yang akan ditempati. Apakah kamar memiliki teras atau tidak. Jika ada teras, apakah jarak dan pembatas teras aman dari jangkauan anak-anak. Perhatikan pula ketinggian lantai.

Bila kamar tak memiliki teras, bagaimana dengan jendela kamar. Apakah cukup aman dari jangkauan si kecil. Hal ini terutama jika kamar yang akan Anda tempati berada di ketinggian. Jika memungkinkan, pilih kamar di lantai-lantai bawah.

Dapur mini di kamar. Ada baiknya saat memilih hotel, Anda pun mempertimbangkan untuk memilih hotel dengan konsep kamar berdapur mini. Hal ini akan memudahkan Anda saat menyiapkan susu bagi bayi Anda. Jika Anak Anda sudah masuk balita, dapur mini juga membantu Anda menyiapkan makan an si kecil.

Luas kamar. Semakin luas kamar memang harganya semakin mahal. Namun, kini sudah banyak hotel-hotel dengan kamar standar berukuran cukup luas. Cari kamar yang cukup luas, mulai dari sekitar 18 meter persegi. Semakin banyak anak Anda, maka cari kamar lebih luas lagi.

Kamar yang luas akan membuat si kecil nyaman bermain tanpa takut menabrak barang-barang sekitar. Perhatikan pula apakah kamar terlalu banyak furnitur atau tidak. Semakin sederhana kamar tersebut akan semakin baik.

Taman. Pilih hotel yang memiliki taman. Taman dapat menjadi tempat bermain si kecil. Ia akan dapat berlarian dengan bebas tanpa mengganggu tamu-tamu lainnya. Biasanya, si kecil tak mau diam dan berlarian di area lobi.

Anak kecil cenderung melihat ruangan yang luas sebagai area bermain. Tak heran, lobi hotel yang luas bagi anak kecil menjadi area berlarian yang mengasyikan. Nah, ajak si kecil ke taman hotel untuk menyalurkan hasratnya berlarian.

Lokasi. Tak kalah penting adalah memilih hotel berdasarkan lokasi. Anda pastinya sudah merancang obyek wisata apa saja yang akan Anda dan anak Anda kunjungi. Cari hotel yang dekat dengan obyek-obyek wisata ini. Hal ini untuk mengurangi waktu selama di perjalanan.

Jenis hotel. Memang untuk akomodasi bagi keluarga cocoknya adalah hotel berkonsep resor keluarga. Hanya saja, tak semua destinasi wisata menyediakan resor. Pun harganya tergolong mahal. Pilihan lain memang hotel bisnis atau hotel bujet.

Walaupun hotel bisnis, biasanya hotel-hotel ini juga menyediakan beragam fasilitas untuk anak-anak. Sebab, di hari-hari biasa pun, terkadang tamu yang menginap dalam rangka perjalanan bisnis, terpaksa harus membawa anaknya ikut serta.

Jadi, saat orang tua rapat, anak biasanya dititipkan ke kids club. Oleh karena itu, beberapa hotel pun menyediakan fasilitas baby sitting atau pengasuh anak. Jika memang hotel bisnis yang Anda incar, perhatikan kembali fasilitas dan keamanan untuk si kecil.

Sementara untuk hotel bujet, fasilitas-fasilitas untuk si kecil tidak ada. Pastikan saja Anda memilih kamar yang terluas untuk memudahkan pergerakan anak Anda. Tanyakan pula pada pihak hotel mengenai kebutuhan Anda saat membawa si kecil menginap di hotel tersebut.

Misalnya mengenai makan an tertentu untuk anak Anda. Jika pihak hotel merasa kesulitan memenuhi kebutuhan Anda, sebaiknya cari saja hotel lain. Tak ada salahnya membayar lebih mahal demi si kecil, daripada waktu liburan bersama anak Anda tak maksimal.
homepage:http://travel.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 5011. wwwGooglecom . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design not original by Siphe Mamahnya Qiral . Published by Josha Kiplek