Review http://wwwmozillacom.blogspot.com/ on alexa.com

Jelajahi isi Blog ini







Selasa, 24 Juli 2012

Kiat Sukses Berbadan Ramping di Bulan Puasa


Idealnya, ketika mengurangi waktu makan selama berpuasa orang akan mengalami penurunan berat badan. Tapi nyatanya tak sedikit yang justru malah bertambah gemuk.


"Mestinya berat badan turun, karena yang tadinya makan 3 kali menjadi 2 kali saat bulan puasa. Kalau dihitung konsumsi kalori akan turun sekitar 20 persen dan idealnya berat badan turun 5 persen," jelas Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dari FKUI-RSCM, saat berbincang dengan detikHealth, Selasa (24/7/2012).

Dr Ari memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar berat badan turun setelah sebulan berpuasa:

1. Makan 2 kali sehari bukan 3 kali

"Saat berpuasa, kita menggeser waktu makan yang tadinya 3 kali jadi 2 kali. Secara medis itu tidak apa-apa, karena orang sakit di rumah sakit pun ada yang disarankan berdiet seperti itu," jelas Dr Ari.

Menurutnya, jika ada orang puasa yang makan tetap 3 kali sehari, itu artinya ada hikmah kesehatan puasa yang tak tercapai. Secara sosial pun, puasa memiliki hikmah untuk merasakan penderitaan orang yang tidak mampu yang kurang makan.

2. Berbuka dengan satu macam makanan manis

Yang sering membuat orang makin gemuk setelah berpuasa adalah adanya budaya balas dendam setelah berbuka, dengan makan banyak makanan berkalori tinggi.

"Yang bikin berat badan bertambah karena banyak makan manis dan budaya balas dendam. Pas berbuka semua dimakan, teh manis iya, kolak iya, cendol iya, ditambah lagi jus buah, yang akhirnya berlebihan. Berbuka memang baik dengan yang manis, tapi ya 1 jenis saja, jangan dimakan semua," tandas Dr Ari.

3. Kurangi makanan berlemak

Setelah berbuka puasa, makanan yang masuk ke dalam tubuh tetap harus makanan sehat. Sebaiknya kurangi makanan yang mengandung banyak lemak seperti makanan bersantan, daging berlemak, gorengan dan makanan berkalori tinggi lainnya.

4. Salat Tarawih

"Gerakan Salat Tarawih selama 1 jam sudah bisa membantu menurunkan berat badan," jelas Dr Ari, yang juga merupakan Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI.

Salat dapat mengontrol berat badan dan mengeluarkan kalori tanpa meningkatkan nafsu makan. Kombinasi dari pembatasan asupan makanan saat sahur dan buka puasa disertai Tarawih akan membantu mengurangi berat badan.

5. Tetap beraktivitas dan olahraga

"Prinsipnya saat berpuasa tetap lakukan aktivitas seperti biasanya, kecuali misalnya yang memicu keringat berlebih. Olahraga juga tetap dilakukan, pagi 30 menit setelah sahur atau 15 menit sebelum berbuka," jelas Dr Ari.

Olahraga yang disarankan adalah jalan kaki, bersepeda, berenang atau olahraga ringan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 5011. wwwGooglecom . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design not original by Siphe Mamahnya Qiral . Published by Josha Kiplek