Review http://wwwmozillacom.blogspot.com/ on alexa.com
Josha Kilpek

Jelajahi isi Blog ini







Sabtu, 28 Juli 2012

Benarkah, Iklan Junkfood Merusak Citra Baik Olimpiade


Kini hampir semua pasang mata di dunia mengarah ke Olimpiade XXX yang berlangsung di kota London. Menonton acara olahraga dapat memberikan hiburan serta motivasi untuk berolahraga, tetapi Anda mungkin melupakan iklan junk food yang seringkali muncul di tengah-tengah pertandingan.


Perusahaan junk food seperti Coca-cola dan McDonald tentu saja senang menjadi sponsor Olimpiade. Besarnya animo publik terhadap Olimpiade membuat iklan junk food di tengah-tengah pertandingan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Michael F Jacobson, Executive Director, Center for Science in the Public Interest menilai, hal itu sungguh ironis. Mengingat acara global yang menampilkan atlet-atlet yang sehat dan kuat harus disisipi acara iklan makanan yang dapat merusak kesehatan.

Jacobson menulis sponsor utama membayar sekitar 100 juta dolar AS (hampir Rp 1 triliun) terhadap pihak penyelenggara Olimpiade dan diperkirakan dapat meraup keuntungan hingga 40 persen dari memasang iklan di acara Olimpiade.

Munculnya iklan junkfood di pesta olahraga membuat beberapa organisasi internasional menyuarakan pendapatnya mengenai risiko obesitas yang dapat terpengaruh karena adanya iklan junk food selama menonton acara Olimpiade:

1. The London Assembly mendesak International Olympic Committee (IOC) untuk membuat kriteria yang lebih ketat terhadap sponsor sehingga dapat menghalangi perusahaan junkfood untuk ikut berpartisipasi dalam iklan.

2. The Academy of Medical Royal Colleges menyatakan bahwa sponsor McDonald dan Coca-Cola mengirimkan pesan yang salah melalui iklan pada anak-anak yang menonton Olimpiade.

3. The Lancet, jurnal kesehatan Inggris menyatakan bahwa sulit untuk menghapus efek jangka panjang obesitas karena pengaruh iklan yang ditinggalkan oleh Olimpiade.

4. Presiden IOC, Jacques Rogge dari Belgia, juga mengakui masalah tersebut.

Menanggapi beberapa ketidaksetujuan tersebut, perusahaan junk food yang menjadi sponsor menyatakan bahwa semua minuman produknya dapat dinikmati sebagai bagian dari gaya hidup yang aktif dan sehat.

"Banyak atlet yang mengatakan bahwa perusahaan kami merupakan salah satu tempat makan favorit. Jadi keterlibatan perusahaan kami sebagai sponsor bukanlah suatu masalah yang perlu dibesar-besarkan," kata pihak McDonald seperti dilansir huffingtonpost, Sabtu (28/7/2012).

Nampaknya iklan junkfood akan selalu ada di setiap pesta olahraga. Kemungkinan juga masih akan ada pada Olimpiade mendatang di Rio de Janeiro, Brasil pada tahun 2016.

Apalagi, Brasil adalah salah satu konsumen soda terbesar di dunia soda yang didorong oleh investasi Coca-cola hingga miliaran dolar per tahunnya dan memiliki lebih dari 650 outlet McDonald.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 5011. wwwGooglecom . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design not original by Siphe Mamahnya Qiral . Published by Josha Kiplek