Review http://wwwmozillacom.blogspot.com/ on alexa.com

Jelajahi isi Blog ini







Jumat, 08 Juni 2012

Kenapa Hamil Tidak Muntah Muntah?


Perempuan yang hamil biasanya akan mengalami mual-muntah, dan umumnya terjadi pada pagi hari (morning sickness). Namun, sekitar 70 persen ibu hamil juga akan mengalami mual-muntah
pada jam-jam lain selama masa kehamilannya. Bahkan, tidak hanya pada pagi hari. Tingkat mualnya pun bervariasi. Ada yang mual-muntahnya sesekali, ada pula yang terus-menerus.

Mual-muntah biasanya terjadi masa awal kehamilan, pada sebagian perempuan bahkan sudah terjadi pada usia kehamilan dua minggu. Namun pada kebanyakan perempuan, terjadinya pada usia kehamilan empat dan enam minggu. Itu artinya, terjadi sekitar lima dan tujuh minggu setelah akhir masa menstruasi Anda yang terakhir. Kemudian, mual-muntah akan mereda antara minggu ke-12 dan 14 saat kehamilan.

Menurut Susan Warhus, MD, ahli kandungan dan pengarang buku Darn Good Advice Pregnancy, kondisi ibu yang mual-muntah bisa dibilang merupakan kondisi kehamilan yang baik. Tingkat hormon HCG yang tinggi merupakan salah satu pencetus mual-muntah pada ibu hamil. Tingkat hormon HCG tinggi menunjukkan bahwa kondisi kehamilan sedang mengalami perkembangan yang baik.

Tetapi, Anda pasti juga pernah menemukan seorang teman yang tidak mengalami mual-muntah sama sekali selama kehamilannya. Hal ini juga merupakan sesuatu yang normal. Sekitar 30 persen ibu hamil ternyata tidak mengalami mual-muntah, karena sebagian perempuan memang kebal terhadap efek hormon-hormon kehamilan. Pada mereka, mual-muntah justru merupakan pertanda adanya masalah.

"Contohnya, mual dan muntah yang parah bisa mengindikasikan kehamilan yang tidak normal, ketika plasenta berkembang menjadi suatu massa kista yang abnormal, dan bukannya menjadi kehamilan yang dapat bertahan," papar Roger W. Harms, MD, spesialis kandungan dan kebidanan dari Mayo Clinic.

Kondisi lain yang mungkin terjadi adalah hyperemesis gravidarum, yang menyebabkan Anda kehilangan berat badan dan cairan tubuh, sehingga membutuhkan perawatan infus dan pengobatan lain.

Jika Anda tidak mengalami mual-muntah saat kehamilan, mungkin Anda termasuk golongan minoritas. Namun, masih dalam persentase yang normal. Meskipun tidak mengalami mual-muntah, tidak berarti ada masalah yang harus dikhawatirkan, kok. Meskipun ada juga kasus-kasus keguguran akibat tidak adanya tanda-tanda mual-muntah, namun banyak perempuan lain yang juga mengalami kehamilan dengan lancar tanpa gangguan mual-muntah. Anggap saja Anda termasuk yang beruntung tidak perlu mengalami fase ini.

Namun, jika Anda khawatir karena ada gejala-gejala keguguran yang Anda hadapi, atau jika Anda merasa tak yakin dengan kondisi kehamilan tanpa tambahan rasa mual, berkonsultasi dengan dokter kandungan tentu merupakan solusi terbaik.
homepage:http://female.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 5011. wwwGooglecom . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design not original by Siphe Mamahnya Qiral . Published by Josha Kiplek