Review http://wwwmozillacom.blogspot.com/ on alexa.com
Josha Kilpek

Jelajahi isi Blog ini







Kamis, 16 Agustus 2012

Tour de Singkarak Masuk "Tourism Sport"


Tour de Singkarak yang akan berlangsung di Sumatera Barat (Sumbar) pada 6-12 Juni 2011 akan diikuti 15 tim dari seluruh dunia. Jumlah tim yang ikut serta ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. "Pesertanya bukannya turun, sekarang malah meningkat. Timnya pun semakin besar, berarti kepercayaan dunia kepada Sumatera Barat semakin besar," tutur Dirjen Pemasaran Kembudpar Sapta Nirwandar dalam acara peluncuran Tour de Singkarak (TDS) 2011 di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (20/5/2011).

Tahun pertama penyelenggaraan TDS yaitu tahun 2009, peserta yang ikut serta memang 15 tim. Namun di tahun 2010, jumlah peserta mengalami penurunan yaitu 12 tim yang berpartisipasi.

Menurut Sapta, penurunan terjadi karena bencana tsunami Mentawai. Dari 15 tim yang akan bertanding di TDS 2011 terdiri dari 234 orang yang akan bersepeda melalui 12 kabupaten selama 10 hari. Mereka berasal dari negara Jepang, RRC, Iran, Indonesia, Filipina, Australia, Malaysia, Belanda, Inggris, Taiwan, Selandia Baru, Irlandia, Rusia, Kirgistan, dan Spanyol. Indonesia akan menurunkan 11 tim nasional dari Sidoarjo, Jakarta, Surabaya, Bandung, Malang, Solo, Cirebon, Jakarta, ISSI Provinsi Sumbar, dan Pelatnas SEA Games. "Dari 234 orang yang datang belum termasuk pelatih, asisten, dan penggembira. Kalau dikali dua saja sudah 500 lebih," tutur Sapta.

Hal ini menandakan Sumbar harus bersiap menerima kedatangan wisatawan asing dalam jumlah besar di waktu bersamaan. "Ini menjadi kebangkitan pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera Barat. Tour de Singkarak adalah tourism sport, wisata yang berbasis internasional," ungkapnya.

Peserta saat melalui setiap etape akan mendapatkan pengalaman keindahan alam Sumbar, budaya, maupun kuliner khas Minang. Sementara itu, Menbudpar Jero Wacik menyebutkan ide awal TDS adalah bagaimana menampilkan Sumbar secara keseluruhan ke dunia. "Harus ada event yang menyatukan daerah-daerah di Sumbar. Kami berunding dan dapat ide tur sepeda. Karena kalau keliling, semua daerah yang dilewati terlihat jelas," ungkapnya.

TDS merupakan acara kelas internasional yang akan diliput media nasional maupun asing. Penyelenggaraannya pun bekerja sama dengan AS0 yang biasa menangani turnamen kelas dunia seperti Tour de France. TDS 2011 akan melombakan 7 etape dengan jarak total 739,3 km. Kabupaten dan kota yang terlibat antara lain Pemkot Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

TDS 2011 diluncurkan oleh Menbudpar Jero Wacik, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan Dirjen Pemasaran Sapta Nirwandar. Hadir pula dalam acara peluncuran, bupati dan wakil bupati setiap kabupaten dan kota yang terlibat.
http://properti.kompas.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kamu pasti bisaaaaaaa...mantab

Posting Komentar

 
Copyright © 5011. wwwGooglecom . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design not original by Siphe Mamahnya Qiral . Published by Josha Kiplek